Loading...

Inilah Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui !!!

loading...

Loading...

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah pisang? Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan nama buah yang satu ini dan bahkan sering mengkonsumsinya. Buah pisang ini memang salah satu jenis buah-buahan yang disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan daging buahnya yang lembut, bahkan anak balita pun sering di beri makan buah pisang.Manfaat buah pisang memang sangat banyak, baik untuk kesehatan ataupun kecantikan dan buah ini juga dapat dikonsumsi oleh semua umur mulai dari balita hingga orang tua. Namun tahukah anda, ternyata tidak hanya buah pisangnya saja yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan, tetapi jantung pisangnya juga dapat dikonsumsi dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Jantung pisang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, beberapa diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, kalori, asam folat dan masih banyak lagi kandungan nutiri lainnya yang dimiliki jantung pisang.Lalu, apa saja manfaat jantung pisang bagi kesehatan tubuh?Berikut ini merupakan beberapa manfaat jantung pisang bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

Dapat mencegah stroke

Dengan minum air rebusan jantung pisang ternyata sangat ampuh untuk mencegah terkena serangan stroke. Caranya yaitu dengan merebus bagian dalam jantung pisang secukupnya dengan 2 gelas air, lalu saring airnya dan minum dalam keadaan hangat.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jantung pisang mampu mengikat lemak jahat di dalam darah, sehingga kadar kolesterol jahat tersebut dapat dikeluarkan dengan mudah setelah rutin minum air rebusan jantung pisang secara rutin dan teratur.

Mengobati sakit perut

Jantung pisang memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi, sehingga sangat ampuh mengobati sakit perut dan menjaga kesehatan perut.

Menurunkan kadar gula dalam darah

Jantung pisang ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, ini dikarenakan jantung pisang memiliki kandungan indeks glikemik yang sangat rendah, sehingga dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup tinggi yang dapat mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Kaya kandungan serat

Mengandung banyak serat pangan yang sangat tinggi karena pada jantung pisang terdapat kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral ataupun vitamin seperti betakarotin dan juga vitamin B1.

Membantu menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi atau minum air rebusan jantung pisang dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama jika dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi putih. Hal ini dikarenakan, jantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah lemak.

Melancarkan peredaran darah

Karena jantung pisang ini dapat bersifat sebagai anti koagulan yang dapat mencegah resiko terjadinya penggumpalan darah.

Menurunkan resiko kanker

Mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter sepertimanfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.

Anti penuaan

Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

Mencegah penyakit gondok

Karena jantung pisang mengandung yodium

Menyembuhkan infeksi

Karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri

Meningkatkan produksi sel darah merah

Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.

Mengontrol darah saat menstruasi

Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.

Memperbaiki mood

Karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati.

Meningkatkan produktivitas ASI

Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu, tetapi jantung pisang dapat menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui.Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

(xoxo)



Loading...
Tag : Info, Kesehatan
loading...
Back To Top