Loading...

Apa Anda Sering Mengkonsumsi Kopi dan Rokok Secara Bersamaan? Ini Akibatnya Bagi Tubuhmu

loading...

Loading...

Tak banyak orang yang tahu apa akibat minum kopi dan merokok secara bersamaan. Terlebih lagi pria, mereka menganggap minum kopi dengan merokok merupakan cara yang tepat untuk menikmati waktu luang. Hal ini telah menjadi rutinitas yang sering dilakukan sambil berbincang-bincang dengan teman.

Mengobrol atau berbincang-bincang dengan teman dapat menghilangkan penat dan stres setelah bekerja. Tapi, apa yang akan terjadi pada tubuhmu jika mengkonsumsi kopi dan merokok secara bersamaan? Dengan mengkonsumsinya berarti tubuhmu menyerap kandungan yang ada di dalam kopi dan rokok.

Keduanya adalah stimulan, tetapi jika sering dilakukan justru bisa menghambat peredaran darah pada tubuh. Apalagi bila digabungkan keduanya, tentu bisa membebani jantung dan menurunkan fungsinya.

Akibat minum kopi dan merokok secara bersamaan

Kopi merupakan minuman yang aman dikonsumsi ketika perut kosong. Namun, jika dosisny berlebihan bisa menurunkan kepadatan tulangmu. Untuk menyiasatinya kamu bisa menambahkan kurang lebih 1000 mg kalsium ke dalam minuman kopi setiap harinya. Jadi, kamu tak perlu khawatir efek buruk minum kopi terhadap tubuhmu.


Kafein memerlukan waktu selama 1 jam untuk diproses tubuh (mungkin akan lebih cepat jika diminum saat perut kosong) dan efeknya berlangsung selama 4-6 jam. Manfaat kopi bagi tubuh adalah membantu meningkatkan tekanan darah, tapi jika dalam jumlah besar, kemungkinan seseorang akan mengalami dehidrasi, mengantuk, gugup dan mudah lelah.

Di samping itu, merokok dapat merusak sistem saraf pusat, meningkatkan kadar gula darah dan bisa membuat arteri menyusut atau rusak. Pakar gizi mengatakan, kopi yang bersifat asam didalam tubuh jika digabungkan dengan rokok menciptakan keasaman yang sangat tinggi, pada akhirnya mengancurkan sistem pencernaan.

Walaupun sebenarnya kopi dan rokok bbisa menjadi stimulan, tapi keduanya mempunyai efek berbeda bagi hati dan ginjal. Yang terjadi adalah tubuh akan bekerja melawan diri sendiri dan menciptakan energi yang tak efektif. Sehingga, membentuk pengembangan depresi yang menyebabkan munculnya keinginan fisiologi dan psikologis yang berlawanan. Selain itu, akibat minum kopi dan merokok mengakibatkan ketergantungan sampai merasa lemas jika tidak dilakukan.

Untuk mencegah bahayanya akibat minum kopi dan merokok, ahli kesehatan menganjurkan kita agar rajin berolahraga. Ganti minum kopi dengan jus yang sehat dan menyehatkan tubuh. Jika sulit menghilangkan kebiasaan itu, kurangi sedikit demi sedikit. Yang terbaik adalah mengkonsumsi air putih saja 8 gelas sehari.

Itulah akibat minum kopi dan merokok dalam waktu yang sama. Setelah kamu mengetahui hal itu, bisa menjadikanmu lebih waspada dan memperhatikan kesehatan.
Loading...
Tag : Info, Kesehatan
loading...
Back To Top