Loading...

Mengerikan! Inilah 3 Bahaya Akibat Menahan Kencing Terlalu Lama! Jangan Dibiasakan Sebelum kamu Menyesal! Ini Penjelasannya

loading...

Loading...

Memiliki kebiasaan menahan kencing tentu bukan hal yang baik. Pekerjaan yang terlalu sibuk atau sedang dalam perjalanan adalah alasan mengapa orang memilih untuk menahan kencing. Bahkan anda menahannya, selama mungkin anda bisa. Kencing merupakan kebutuhan utama dan penting. Jika anda mengabaikannya, bahaya kesehatan akan mengancam anda.

Kebiasaan yang buruk ini akan mengakibatkan berbagai penyakit yang berujung pada komplikasi. Proses terjadinya keinginan untuk kencing berawal dari reseptor yang mengirim sinyal ke otak. Sinyal ini mengirimkan pesan untuk sesegera mungkin “meringankan diri” sampai anda benar-benar tahu kapan untuk buang air kencing.


Berikut bahaya yang akan didapat jika anda tetap memilih menahan kencing :

1. Infeksi saluran kemih

Bahaya yang pertama dan umum adalah terjadinya infeksi pada saluran kandung kemih. Orang yang sering menahan kencing sangat beresiko tinggi untuk menderita penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan bakteri disekitar uretra. Uretra adalah tabung yang mengangkut urin dari kandung kemih ke luar, jadi ketika urin ditahan, bakteri cenderung masuk dan menumpuk.

2. Kandungan kemih sensitif

Bahaya yang kedua andalah gangguan pada sensitifitas kandung kemih. Banyak faktor yang mengakibatkan penyakit ini. Beberapa faktornya ialah makanan yang dikonsumsi dan menahan keinginan untuk kencing. Kebiasaan menahan kencing secara tidak sadar akan memegaruhi fungsi dari reseptor pada dinding kandung kemih. Menahan kencing akan merusak kemampuan reseptor dan akhirnya mengarah pada infeksi saluran kemih.

3. Retensi urin

Bahaya yang ketiga adalah retensi urin. Retensi urin ialah ketidak mampuan untuk mengosongkan kandung kemih. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis dan akut yang umumnya diderita seseorang yang memiliki kebiasaan menahan kencing.

Menurut sudut pandang kesehatan, menahan kencing tentu bukan hal yang baik dan lebih banyak menghasilkan efek yang buruk untuk kesehatan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi mulai sekarang jangan menunda-nunda buang air kecil.

sumber : waras
Loading...
Tag : Kesehatan
loading...
Back To Top